Youtuber indonesia 🇲🇨 SUBSCRIBE Atuh Bro TO MY CHANNEL

Penjelasan Tentang Claim Content ID Youtube


Informasi untuk kalian para pemula yang ingin mengupload video ke youtube harap di perhatikan dalam masalah Content ID atau Hak Cipta, karena video yang sudah ada atau audio yang sudah ada, adakalanya mempunyai Hak Cipta.

Penjelasan Tentang Claim Content ID Youtube 

Klaim Content ID atau Hak Cipta ini terjadi mungkin karena adanya Content ID milik orang lain yang muncul di Video Kita, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Hal ini sering terjadi pada orang-orang yang haya mengupload video saja tanpa memperhatikan ketentuan dari youtube itu sendiri.

Sebagai Contoh :

“SAYA MENGUPLOAD SEBUAH VIDEO BUATAN SAYA SENDIRI TAPI DI KASIH SEBUAH LAGU UNTUK MEMPERCANTIK HASIL DARI VIDEO SAYA DENGAN LAGU MILIK ORANG LAIN YANG SUDAH MEMPUNYAI HAK CIPTA, DISINILAH KLAIM CONTENT ID AKAN BEKERJA DAN AKAN MEMBERIKAN PEMBERITAHUAN KEPADA PEMILIK KARYA ATAU PEMILIK HAK CIPTA TERSEBUT.

DARI MANA SAYA TAU BAHWA VIDEO YANG DI UPLOAD ADA KONTEN YANG MEMILIKI HAK CIPTA?

Biasanya bagi video yang sudah kita Upload dan ternyata ada lagu atau music yang mempunyai Hak Cipta. Tim dari Youtube akan memberi tahukan kepada kita lewat GMAIL yang kita gunakan untuk mengupload video tersebut.

“ADA PEMILIK HAK CIPTA YANG MENGKLAIM MATERI PADA VIDEO ANDA MENGGUNAKAN CONTENT ID”


Kurang lebih isi Gmail yang kita terima seperti itu!

Cara Lain Melihat Klaim Content ID

Kalian bisa langsung masuk atau mengunjungi Dashboard Channel dimana kalian mengupload suatu video dan Pada bagian video manager akan muncul Submenu yang bertuliskan Copyright Notice, jika kalian tidak memiliki Klaim Content ID atau Hak Cipta pada channel kalian maka submenu itu tidak akan muncul.

Klaim Content ID Pada Dasarnya Terbagi Menjadi Beberapa Jenis Itu Tergantung Tindakan Apa Yang Akan Diambil Oleh Pemilik Hak Cipta!

Yang Pertama

Yang disebut dengan Matched Third Party Content, Klaim Content ID jenis ini masih tidak terlalu serius atau biasa dikatakan sangat Ringan hal ini terjadi biasanya ada kecocokan materi pada video yang diupload. Dikarnakan Pihak Pemilik Hak Cipta membiarkan Karya mereka diupload tetapi dengan persyaratan Penghasilan dari Video tersebut akan mengalir kepada pemilik Hak Cipta bukan kepada Pemilik Channel atau kita selaku pembuat video yang terkena Hak Cipta tersebut.

Yang Kedua

Yang disebut Video Blocked on Worlwide, dalam kasus Klaim Content ID ini, video kalian akan diblock atau Dicekal di beberapa negara sehingga sehingga video kalian tidak dapat tayang di Negara tersebut dan juga iklan tidak akan bisa tampil pada video yang telah kalian upload ke youtube.

Yang Ketiga

Yang disebut Takedown, dalam kasus Klaim content ID jenis ini termasuk yang sangat berbahaya, karena pemilik Hak Cipta atau Karya mereka tidak ingin diupload di channel lain, ini bisa mengakibatkan channel anda mendapatkan Strike, sehingga channel kalian akan menjadi Bad Standing dan akan menghilangkan beberapa Fitur yang ada di Youtube kalian.

PENELUSURAN TERKAIT : youtube content id, login permohonan program verifikasi konten, cara membuat hak cipta di youtube, cara menghindari content id, cara daftar content id youtube 2018, situs youtube, cara klaim video youtube

0 Response to "Penjelasan Tentang Claim Content ID Youtube"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel