Youtuber indonesia 🇲🇨 SUBSCRIBE Atuh Bro TO MY CHANNEL

Cara Menghindari pelanggaran Hak Cipta Video Youtube


Dalam membuat sebuah kontent video untuk youtube seringkali masalah yang kadang dijumpai dalam sebuah konten video youtube adalah hak cipta.

Masalah hak cipta ketika kita upload kontent video di Youtube terkadang memang sangat menyebalkan. 

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mengalami masalah tersebut, video yang kita upload di klaim adanya konten pihak ketiga yang menyebabkan video kita tidak dimonetisasi. Tetapi, ini merupakan kebijakan adil oleh Youtuber yang bersifat melindungi sebuah karya.

Tetapi, kita tidak perlu khawatir untuk masalah tersebut, ada banyak sekali cara supaya kita bebas

Cara Menghindari Klaim Hak Cipta Video Youtube

Buatlah video original

Ini adalah cara yang paling sportif untuk mengupload kontent video di Youtube, yaitu dengan membuat video original. Pihak youtube sangat menyarankan agar video yang kita upload adalah video original karya kita sendiri untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga. 

Pada dasarnya kita bisa membuat video asli karya kita dengan merekam kejadian lucu, bodoh dan konyol orang-orang disekitar kita atau membuat rekaman lagu sendiri, Membuat film pendek atau apalah yang merupakan hasil kerja keras kita.

Dimana Vidio hasil karya kita yang di publikasi merupakan sebuah kepuasan batin kita sendiri, nilai dari sebuah karya tak hanya terletak dari nominal uang yang akan dapatkan, tentunya memang ini membutuhkan dua kali kerja, tetapi kita akan terhindar dari beberapa klaim dari pihak ketiga yang tidak menyenangkan.

Edit Secreatif Mungkin

Ketika kita akan membuat sebuah konten untuk youtube dapat menggunakan bantuan tools atau software untuk membuat atau mengedit video. Software editing tersebut bisa berupa Adobe premiere, Vegas atau Final Cut Pro, aku lebih menyarankan 3 software tersebut untuk melakukan editing, kenapa demikian? 

Karena dari ketiga software tadi untuk fitur dan kegunaanya sangat lengkap sekali, tinggal kita yang creatif dalam mempercantik sebuah video.

Berikut ini merupakan hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan software sebagai editor video :
  • Memotong dan Mengkombinasi video-video menjadi satu
  • Menggunakan Video Creative Commons
  • Merubah Suara atau Pitch Audio
  • Merubah Resolusi atau Menambah Efek Baru
  • Menambah Intro dan Outro
  • Menambahkan musik Bebas hak cipta
Semuanya akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini, oleh karena itu simak baik-baik langkah demi langkah yang akan aku jelaskan dibawah ini.

Mengkombinasi video-video

Kombinasi video lebih sering kita dengar dengan nama kompilasi, sebenarnya sih dua kata tersebut mempunyai makna hampir sama, yaitu kumpulan video yang berbeda namun mempunyai topik yang sama, video seperti ini sering kita lihat pada acara tv On The Spot atau di youtube juga ada channel yang khusus membuat video kompilasi seperti YTCrash.

Dengan membuat video kompilasi tersebut tentunya kemungkinan terkena Copyright berkurang, karena video tersebut hanya berisi beberapa detik video aslinya, beda lagi jika si pemilik video melaporkan kepada youtube bahwa video yang dia miliki telah kita gunakan tanpa izin, walaupun itu hanya beberapa detik, tetapi jika ada laporan tersebut tentu youtube akan menindak hal tersebut.

Maka dari itu lebih baik sebelum menggunakan video orang lain kita bisa meminta izin dahulu, atau paling tidak kita menautkan link sumber pada deskripsi video yang kita buat.

Gunakan Video Licence Crative Commons

Jika tidak ingin ada laporan dan ingin bebas menggunakan video orang lain, maka kita harus menggunakan video yang ber licence Creative Commons.

Cara mencari video creative commons bisa ikuti langkah dibawah ini :

  • Buka youtube
  • Masukan kata kunci dalam pencarian
  • Enter (maka video yang kita cari akan muncul)
  • Klik Filters dan pilih Creative Commons

Setelah itu semua video yang muncul adalah video yang berlicence creative commons, tinggal kita download dan upload, tetapi akan lebih baik jika kita edit ulang menjadi kompilasi atau edit lagi biar menarik. Bisa menambahkan musik atau bahkan menambahkan logo.

Bagaimana cara downloadnya ?

Akan lebih mudah jika komputer kita sudah terinstal IDM, maka kita akan dengan mudah mendownload video apa saja di youtube, tinggal play videonya, nanti di pojok atas ata bawah akan muncul , pilihlah kualitas yang paling bagus dengan resolusi yang besar.

Jika bingung harus download idm, cari yang simple saja bang ! kita bisa mengunjungi situs http://www.keepvid.com, selanjutnya masukan url video yang kita ingin download dan tunggu deh hasilnya, lalu download.

Merubah Pitch Audio

Merubah pitch audio seperti ini bisa dilakukan dengan bantuan software editor audio seperti Adobe Audition atau yang ringan menggunakan Audacity, aku lebih nyaranin pake adobe saja, biar nanti bisa lebih gampang terintregasi dengan adobe premiere atau adobe lainnya.

Berikut ini tutorial cara merubah pitch suara :

Biasanya dengan merubah pitch suara dapat menghindari klaim hak cipta, namun kekurangannya suara atau audio dalam video tersebut akan terasa aneh dan mungkin bisa membuat penonton males nonton video kita karena suaranya aneh, jadi hati-hatilah dalam merubah pitch suara.

Merubah Resolusi Video

Biasanya kita menonton video bisa memilih mau resolusi 1080p 720p atau 144p, terkadang di beberapa video yang muncul itu hanya 360p atau 720p, itu berarti video tersebut aslinya memang mentok di 720p atau 360p.

Nah cara ini juga bisa kita gunakan untuk mengakali video yang mempunyai hak cipta, pertama kita bisa menurunkan resolusi video asli, misal dari 1080p kita ubah menjadi 720p, untuk cara mengubahnya gampang kok, kita bisa menggunakan software Hanbrake, selain untuk memperkecil ukuran video, hanbrake juga bisa memperkecil resolusi sebuah video.

Setelah resolusi video berubah lebih baik kita menambahkan frame pada video tersebut. Ini supaya lebih menyamarkan video aslinya.

Untuk memasukan frame seperti ini kita bisa melakukannya pada saat editing di adobe premiere, jadi setelah kita ubah resolusinya, edit di premiere, atau vegas atau yang lainnya, kemudian tambahkan frame dalam video tersebut.

Frame sendiri bisa kita buat di Photoshop, atau bisa mencarinya di google, atau bahkan kita bisa membuat frame blur.

Di dunia maya banyak sekali software yang bisa digunakan untuk mengedit sebuah vidio. Tentunya, kita harus memiliki keahlian untuk mengoperasikan software editor vidio. Jika kita belum bisa, Pastinya kita harus mau belajar, tentunya banyak sekali tutorial di internet yang akan mudah kita dapatkan.

Menambahkan Intro dan Outro.

Selain menggabungkan antara penambahan frame, editing pitch audio, maka akan lebih sempurna dengan menambahkan intro dan outro pada video.

Gunakan Audio Bebas Hak Cipta

Dimana Yotube itu sendiri sudah menyediakan juga konten audio free yang support iklan dan bebas hak cipta, untuk audio youtube gratis kita bisa mendapatkannya pada Audio Library youtube.

Selain audio library youtube, ada juga musik-musik yang keren dan kita bisa mendownloadnya secara gratis di channel NCS, selain channel ncs juga masih banyak lagi penyedia musik no copyright.

Youtube memiliki system detektor yang sangat canggih, dimana system ini tentunya melindungi sebuah karya, ia bisa mendeteksi konten pihak ketiga hanya dari sebagian atau potongan suara dan klip video yang kita upload, namun dengan cara di atas tadi setidaknya dapat memberikan peluang untuk menghindari pelanggaran hak cipta pada konten yang kita upload.

Bagaimana jika sudah terlanjur di upload dan ternyata mendapatkan notifikasi pelanggaran hak cipta.

Jika demikian maka itu tergantung kita sendiri, mau di hapus dan di edit ulang videonya, atau dibiarkan saja tetap demikian, toh kalo cuma 1 2 video yang terkena hak cipta tidak akan apa-apa, paling kerugianya hak monetise video tersebut diambil alih oleh di pengclaim hak cipta. Jadi kita tidak dapat sepeserpun dari video tersebut.

Tapi menurutku jika memang kebutuhan mendesak untuk backsound video seperti di gambar itu, kenapa tidak. walaupun hak iklan diambil oleh sang pemilik lagu, akan tetapi konten kita bisa tayang secara maksimal dengan audio yang bagus. Lumayan juga untuk menjaring subscriber baru, jika memang subscirber sudah banyak dan views ribuan, baru deh berpikir ulang untuk menjauhi hal yang berbau hak cipta.

PENELUSURAN TERKAIT : cara edit video agar tidak kena hak cipta, cara upload video youtube bebas klaim hak cipta, cara lolos copyright youtube, cara menghilangkan hak cipta pada lagu, cara meminta izin hak cipta lagu, cara upload lagu ke youtube tanpa kena hak cipta, cara mendapatkan izin hak cipta, cara edit musik agar lolos copyright


0 Response to "Cara Menghindari pelanggaran Hak Cipta Video Youtube"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel